Mengapa Anda Harus Membaca Cerita Anak-anak

Posted by Cinta Buku on

Seorang gadis 10 tahun datang ke meja kasir bersama ibunya membawa salah satu novel remaja favorit Anda. Sebagai pustakawan atau penjual buku, apa yang akan Anda lakukan? Menjerit dengan gembira? Memberi jaminan penuh kepada gadis itu bahwa dia akan menyukainya? Tersenyumlah dengan tenang pada diri anda, mengetahui bahwa ia sedang dalam perawatan?

Namun bagaimana jika, pada titik ini, ibu gadis itu bersikeras dia harus mengembalikan buku itu ke rak, karena buku itu tidak ada dalam daftar yang disetujui sekolah untuk kredit pelajaran kelas? Bagaimana jika dia memutar matanya dan menegur putrinya karena ingin membaca sesuatu yang “tidak dihitung?” Apa yang akan Anda lakukan?

Saya dapat memberi tahu Anda apa yang saya lakukan ketika saya menyaksikan adegan yang tepat ini saat bekerja di perpustakaan: Saya menggigit lidah saya. Dan saya berjanji pada diri saya bahwa saya akan bekerja lebih keras untuk membantu orang tua memahami pentingnya membaca untuk kesenangan, dan berbagi kesenangan seperti itu dengan anak-anak mereka.

Saya juga dapat memberi tahu Anda apa yang saya harapkan telah saya lakukan: mendorong ibu agar tidak membiarkan putrinya membaca buku itu tetapi meluangkan waktu untuk membacanya dengan lantang bersamanya. Bukan karena itu “dihitung,” dan bukan karena dia mendapat kredit untuk itu di kelas, tetapi untuk tujuan tunggal berhubungan dengan anaknya.

Mereka yang berjalan-jalan ke toko buku dan perpustakaan mencari lebih dari sekadar buku. Kita semua putus asa mencari hubungan yang bemakna. Orang dewasa mencarinya; anak-anak mencarinya. Orangtua zaman sekarang ingin berhubungan dengan anak-anak mereka dengan cara yang bermakna dan langgeng.

Saya tidak meragukan bahwa ibu itu dalam skenario ini sangat mencintai putrinya dan menginginkan yang terbaik untuknya. Saya hanya berharap saya membantunya memahami bahwa buku di tangannya adalah pintu gerbang ke apa yang dia inginkan. Saya berharap saya membantunya memahami bahwa buku adalah jalan menuju hubungan sejati dengan mereka yang paling kita cintai —terutama ketika dibagi, dan terutama ketika membaca dengan keras. Mereka yang membantu pelanggan memilih buku memiliki kesempatan untuk juga membantu mereka melihat bahwa membaca dengan keras bersama anak-anak mereka sama pentingnya dengan membaca yang dilakukan anak-anak mereka sendiri.

Berikut adalah beberapa ide yang dapat diterapkan pustakawan dan penjual buku untuk mendorong orang tua yang sibuk membaca keras-keras bersama anak-anak mereka:
• Buat rak baca yang disarankan dibagi berdasarkan usia. Menyarankan buku-buku khusus untuk remaja dan anak-anak akan membantu pelanggan berpikir tentang membaca dengan keras bersama anak-anak mereka yang lebih tua (sesuatu yang kebanyakan dari kita tidak dipertimbangkan).

• Jika perpustakaan atau toko buku Anda menawarkan area dengan rekomendasi staf, tambahkan tempat untuk membaca keras yang favorit. Biarkan karyawan memilih fitur membaca keras setiap bulan.

• Pilih sebuah ruang perpustakaan atau toko buku dengan fitur membaca keras untuk setiap bulan. Pegang beberapa buah buku itu di tangan.

• Buat tantangan membaca keras dan biarkan para keluarga mendapat hadiah kecil jika mereka berhasil membaca keras beberapa hari dalam sebulan.

• Bagikan atau posting fakta-fakta sederhana, seperti, “Apakah Anda tahu membaca keras-keras dengan anak-anak Anda adalah cara nomor 1 untuk membantu mereka mencapai keberhasilan membaca di sekolah?" Atau, “Membaca keras untuk anak-anak Anda, bahkan setelah mereka dapat membaca untuk diri mereka sendiri, adalah salah satu dorongan akademis terbaik yang dapat Anda berikan kepada seorang anak dari segala usia.”

• Tawarkan sesi membaca keras untuk anak-anak yang lebih besar (bukan hanya cerita untuk anak-anak yang lebih muda). Cerita pendek atau novel dalam bait bisa menjadi pilihan yang bagus untuk sesi semacam itu.

Kita tidak hanya tertarik untuk memberikan buku ke tangan pelanggan kami, bagaimanapun juga; kita tertarik untuk membantu mereka membuat hubungan yang bermakna dan langgeng. Dan membaca dengan keras adalah cara yang brilian bagi orang tua dan anak untuk melakukan hal itu.

Newest
You are reading the newest post

Related Posts

08.24