10 Buku Misteri Terbaik

Posted by Cinta Buku on

1. The Woman in White - Wilkie Collins  
Ini masih merupakan novel yang sangat misterius. Novel dengan tokoh yang sangat menarik, bagian-bagian yang indah dan pemandangan yang benar-benar menghantui, sebuah novel abad ke 19 yang sepenuhnya terbentuk dengan segala hiasannya. Ceritanya rumit, tapi aslinya ditulis dalam bentuk serial, jadi ceritanya bergerak maju dalam langkah terukur hati-hati. Banyak yang menjadi standar dalam fiksi kriminal pertama kali dilakukan di sini, jadi bukan hanya pembacaan yang menarik, tapi juga secara instruktif.

2. A Crime in the Neighborhood - Suzanne Berne
Saya telah merekomendasikan buku ini berkali-kali untuk semua jenis pembaca. Bagi saya, ini adalah sebuah novel yang menggunakan ketegangan dengan cara terbaik, bukan dengan memiliki karakter menghadapi satu rintangan yang dibikin satu demi satu dalam arus tindakan tanpa berpikir, tetapi dengan menciptakan atmosfir bahaya moral yang dalam di mana tragedi yang memuncak tampak tak terelakkan seperti itu, yah ... tragis. Ini juga salah satu buku di mana judul menjadi benar-benar tepat, dan sangat memilukan, setelah seseorang menyelesaikan buku ini. Dalam kasus ini, “kejahatan di lingkungan sekitar” ternyata jauh lebih mendalam dan tahan lama daripada tindakan kekerasan manapun.

3. A Dark-Adapted Eye - Ruth Rendell
Saya mengakui bahwa ini adalah salah satu judul terindah dalam fiksi misteri. Kabar baiknya adalah buku itu sesuai dengan judulnya. Novel ini rumit, dengan pengungkapan yang benar-benar mengejutkan, dan kedalaman penokohan membuat kontribusi besar terhadap ketegangan novel ini. Ini adalah ketegangan psikologis untuk orang dewasa, dengan orang-orang nyata yang menghadapi masalah nyata dan sangat gelap.

4. A Coffin for Dimitrios - Eric Ambler
“Bukan siapa yang melepaskan tembakan tapi siapa yang membayar peluru.” Inilah kalimat yang sejak saat itu terkenal, tapi hanya satu dari sekian banyak keindahan sastra dari buku ini. Dimitrios, dalam kehidupan dan kematian, adalah sosok yang melebihi daya tarik, hidupnya merupakan kisah perjuangan dan intrik sengit yang belum pernah saya lupakan. Tokoh sekunder digambarkan dengan sangat bagus. Dari momen Charles Latimer bertemu dengan Kolonel Haki dan mendengar Dimitrios yang misterius, pembaca kembali ke dunia Balkan yang hilang yang berkembang di antara dua perang dunia, sebuah kawah yang mendidih tentang kebijaksanaan dan tipu daya yang dibuat Ambler dengan sangat rinci.

5. True Confessions - John Gregory Dunne
Novel ini dimulai dengan sebuah kejahatan yang didasarkan pada pembunuhan Black Dahlia, dan dari sana terus-menerus diperdalam menjadi sebuah karya dengan kekuatan emosional yang hebat, lengkap dengan potret Los Angeles yang tak terlupakan di tahun 40-an. Ini adalah kisah dua saudara laki-laki, satu seorang polisi, satunya seorang pendeta, dan dengan mengikuti hubungan mereka di sepanjang jalan kejahatan yang mengerikan, buku ini akhirnya menjadi salah satu novel penebusan paling keras yang pernah saya baca.

6. The Eye of the Beholder - Marc Behm
Saya membaca novel ini bertahun-tahun yang lalu, dan tidak pernah bisa menghapusnya dari pikiran saya. Ini adalah kisah obsesi, dengan seorang detektif swasta yang hanya dipanggil The Eye yang mengikuti pembunuh berantai wanita tanpa nama selama lebih dari satu dekade. The Eye adalah penyidik swasta yang rusak secara klasik, tidak hanya sendirian, tapi sangat kesepian, dan wanita yang dia kejar adalah orang yang tidak berperasaan -namun dalam beberapa hal bisa dipahami- pembenci pria. Tarian kematian mengerikan yang menjadi kehidupan mereka adalah salah satu hubungan yang paling aneh dan paling menarik dalam fiksi misteri ini.

7. A Simple Plan - Scott Smith
Dalam novel yang sepenuhnya realistis ini, dua saudara laki-laki dan seorang teman menemukan sebuah pesawat jatuh yang reruntuhannya hancur di mana mereka menemukan sejumlah besar uang. Sebelum momen itu, tak satu pun dari orang-orang ini yang perlu membuat rencana sederhana untuk menyimpan dan menyembunyikan banyak uang yang jelas bukan milik mereka. Di tengah melakukan hal itu, mereka menjadi penjahat, sekaligus korban kejahatan. Cerita ini berkembang dengan mantap seiring dengan upah dosa menjadi semakin mahal. Inilah kisah peringatan klasik tentang hukuman, ketidakjujuran yang mungkin tepat bagi manusia biasa danorang  kebanyakan yang tidak berdosa.

8. Sneaky People - Thomas Berger
Ini bisa dibilang salah satu novel kejahatan paling lucu yang pernah ditulis. Berseting tahun 1930an, dan tokoh utamanya adalah Buddy Sandifer, dealer mobil bekas yang menginginkan satu hal yang sangat sederhana: istrinya mati. Alasannya tak kalah sederhana. Dia rindu untuk menjalani sisa hidupnya bersama Laverne, seorang wanita yang kadang samar-samar menyadari bahwa tidur dengan pria untuk uang berarti prostitusi. Usaha Buddy untuk merencanakan pembunuhan istrinya menciptakan salah satu dongeng keliru yang pernah Anda baca.

9. The Quiet American - Graham Greene
Diterbitkan pada tahun 1955, The Quiet American memberikan potret Vietnam yang sangat teramati pada malam kekalahan Prancis. Fowler, wartawan Inggris yang lelah di dunia yang pengamatannya memperkaya novel yang teramati dengan keras ini, memberikan pertentangan yang tepat dengan Alden Pyle, “orang Amerika pendiam” yang idealis yang kematian misteriusnya memberikan inti narasi cerita ini. Sebagian novel ini tentang intrik, sebagian misteri, sebagian kisah cinta, The Quiet American tetap sama kuatnya sekarang seperti saat pertama kali ditulis.

10. Cutter and Bone - Newton Thornburg

Dipuji oleh New York Times sebagai novel terbaik dari jenisnya dalam 10 tahun, Cutter and Bone adalah cerita tentang obsesi seseorang terhadap kejahatan pria lain, dalam kasus ini, sebuah pembunuhan. Apa yang membuat cerita Thornburg unik adalah bahwa “pembunuh,” pria dengan banyak uang bernama J.J. Wolfe, mungkin sama sekali tidak melakukan kejahatan. Oleh karena itu, ini adalah usaha Cutter yang gila mengejar Wolfe, lebih tepatnya bahwa keadilan dari pengejaran itu, yang memberi momentum bergairah pada buku ini.


Oleh: Thomas H. Cook

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru