Pendapatan Penerbit Buku di Eropa Selama Tahun 2015

Posted by Cinta Buku on

Pada tahun 2015, penerbit buku di 28 negara yang tergabung dalam Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa menghasilkan 22,3 miliar Euro (23,36 miliar USD) dalam total penjualan tahunan, menurut sebuah laporan baru oleh Federasi Penerbit Eropa yang dikeluarkan pekan lalu. Angka tersebut naik sedikit dari tahun 2014, di mana total pendapatan adalah 22 miliar Euro. Jumlah ini mencakup perdagangan buku akademik atau profesional, pendidikan dan komersial.

Jerman memiliki penjualan keseluruhan tertinggi, diikuti oleh Inggris, Perancis, Spanyol dan Italia. Laporan ini mencatat bahwa “total nilai pasar” diperkirakan 36-38 miliar Euro, angka “yang mewakili nilai penjualan pada harga bandrol, termasuk PPN dan diskon pengecer, sedangkan omzet bersih adalah omzet penerbit, setelah dikurangi PPN dan rabat,” kata Enrico Turrin, wakil direktur Federasi Penerbit Eropa.

Sekitar 575.000 judul baru diterbitkan oleh penerbit Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa pada tahun 2015, menambah 22 juta judul yang sudah dirilis oleh penerbit. Laporan itu juga mencatat bahwa 4 juta judul tersedia dalam format digital, umlah yang kata laporan itu “telah dibubuhi oleh lonjakan” dalam digitalisasi buku lama yang masih dicetak, peningkatan penggunaan print-on-demand, dan pengenalan lebih banyak judul buku yang diterbitkan sendiri. Buku komersial merupakan setengah dari pendapatan yang dihasilkan oleh pasar secara keseluruhan (48,4%), dengan buku anak-anak mewakili 12,2% dan buku pendidikan mengambil 19,9% serta judul akademik atau profesional 19,5%.

Ekspor menyumbang 22,9% dari pendapatan penerbit Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa pada tahun 2015 senilai  5,1 miliar Euro (5,4 miliar USD), naik hampir 3% dari tahun sebelumnya yang sebagian disebabkan perbedaan nilai tukar. Saluran berbagai penjualan menunjukkan penurunan, termasuk klub-klub buku dan penjualan langsung. Selain itu, laporan ini mencatat bahwa penjualan e-book, yang berada pada 5-6% dari total pendapatan, “menunjukkan tanda-tanda stagnasi” meskipun tidak memberikan tanggal atau konteks tambahan.

Laporan itu menyatakan 125.000 orang hari ini dipekerjakan secara langsung oleh sektor penerbitan, meskipun angka ini menggelembung sebanyak setengah juta ketika satu orang mencakup pekerjaan tambahan, seperti tukang cetak, penjual buku, penulis, desainer dan lain-lain.

Ed Nawotka
Publishers Weekly, 15 Desember 2016

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru