Daftar Penerbit Buku Terbesar di Dunia

Posted by Cinta Buku on

Kompleksitas pertumbuhan penerbitan buku internasional tercermin dalam peringkat penerbit terbesar di dunia tahun ini. Sementara Pearson sekali lagi mempertahankan posisi teratasnya sebagai penerbit terbesar di dunia, fluktuasi mata uang, konsolidasi, transisi digital, dan munculnya penerbit Cina, semua itu memainkan bagian dalam mengubah tatanan perusahaan mengguncang peringkat global tahunan dari Livres Hebdo / Publishers Weekly. 

Dua penerbit Cina masuk ke 10 daftar teratas untuk tahun 2014; mungkin saja mereka akan mengguncang daftar sebelumnya jika informasi telah tersedia. Phoenix Publishing and Media Company merupakan penerbit terbesar peringkat keenam tahun ini, dengan penjualan 2,84 milyar USD, meningkat 16% dari tahun 2013, sementara China South Publishing & Media Group berada di tempat ketujuh dengan pendapatan sebesar 2,58 milyar USD, meningkat 31%. Secara keseluruhan, empat penerbit Cina memenuhi syarat untuk masuk peringkat pada tahun 2014, yang memenuhi persyaratan memiliki penjualan 200 juta USD serta bersedia dan mampu mendokumentasikan angka tersebut. 

Semakin besar transparansi keuangan oleh raksasa penerbitan Cina adalah sesuai dengan tujuan mereka menjadi faktor yang jauh lebih penting dalam kancah penerbitan internasional. Sebagai bagian dari tujuan itu, Cina meningkatkan kehadiran besar di BookExpo America tahun ini, termasuk dengan menyewa ruang pameran berukuran 25.000 kaki persegi dan membawa lebih dari 500 eksekutif penerbitan dan penulis yang hadir. Selain pameran besar, eksekutif penerbitan Cina ambil bagian dalam sejumlah panel; salah satu eksekutif adalah presiden Phoenix, Xiaoping Wu. Dalam sambutannya, ia mencatat bahwa Phoenix pada musim panas 2014 mengakuisi unit penerbitan anak-anak dari Publications International Ltd. (PIL) yang berbasis di Lincolnwood III dengan harga 80 juta USD. Itu hanya satu langkah dalam mendirikan operasi penerbitan anak-anak di seluruh dunia. 

Upaya internasional Sebelumnya oleh Phoenix termasuk perjanjian dengan Hachette Livre pada tahun 2009 dan pembukaan kantor di Inggris pada tahun 2012. Perusahaan ini baru saja membuka sebuah perusahaan induk investasi di New York. 

Sementara Phoenix Publishing and China South mengguncang peringkat 10 teratas untuk tahun 2014, empat penerbit paling atas adalah nama-nama yang familiar (meskipun Reed Elsevier telah mengubah namanya sebagai Relx Group) dan mengkhususkan diri di pasar pendidikan dan profesional. Kemampuan penerbit profesional dan pendidikan tetap begitu besar karena kombinasi akuisisi dan ekspansi mereka pada pengiriman informasi digital, pendapatan yang ikut dalam menyusun peringkat. Pendapatan gabungan dari 10 penerbit teratas menyumbang 54% dari semua pendapatan yang dihasilkan oleh 57 perusahaan dalam daftar, naik dari 53% pada tahun 2013. 

Penguin Random House tetap penerbit komersial terbesar di dunia tahun lalu. Penjualan naik 25% dibandingkan tahun 2013, lebih dari 4 milyar USD terutama disebabkan oleh merger Penguin (selesai 1 Juli 2013) dan pembelian Santillana Ediciones Generales (selesai 1 Juli 2014). (Hasil tahun 2013 tidak termasuk penjualan untuk Penguin selama enam bulan pertama tahun itu.) 

Akuisisi tentu akan berdampak pada peringkat tahun depan. Akuisi HarperCollins 1 Agustus 2014 kepada Harlequin tidak termasuk dalam peringkat terbaru, karena pendapatan HC adalah dari tahun fiskal yang berakhir 30 Juni 2014. Harlequin, yang berada di peringkat 42 pada tahun 2013, tidak termasuk dalam peringkat terbaru sejak menjadi bagian dari HC tahun lalu. Harlequin akan menambah sebanyak 400 juta USD ke 1,43 milyar pendapatan HC dalam penjualan tahun fiskal 2014. Penjualan Scholastic dari kelompok teknologi penerbitan pendidikannya untuk Houghton Mifflin Harcourt pada bulan April akan membawa dua perusahaan berbasis AS lebih dekat bersama-sama dalam hal pendapatan. Kelompok teknologi memiliki penjualan 249 juta USD pada tahun fiskal Scholastic yang berakhir 31 Mei 2014, ketika perusahaan memiliki total pendapatan 1,82 milyar USD; penjualan HMH di tahun 2014 hanya datar sam dengan 2013, pada 1,37 milyar USD. 

Kesepakatan terbesar yang mempengaruhi peringkat, bagaimanapun, adalah penggabungan Macmillan Science and Education dengan Springer Science and Business Media. Merger ini, yang selesai pada Mei 2015, menciptakan sebuah perusahaan baru bernama Springer Nature, yang 53% sahamnya dikuasai oleh Holtzbrinck (bekas perusahaan induk Macmillan Science and Education). Divisi perdagangan dan penerbitan Macmillan tidak termasuk dalam merger. Kesepakatan lain menggabungkan perusahaan dalam peringkat itu melibatkan dua penerbit terbesar Brasil dan diumumkan Juni ini ketika Abril Educaçao setuju untuk membeli Editora Saraiva, divisi penerbitan Saraiva Group. Kesepakatan itu melibatkan semua bisnis sekolah Saraiva, serta semua lini penerbitan, termasuk unit perdagangan Benvirá. Namun bisnis ritel Saraiva tidak dijual. 

Salah satu faktor terakhir yang mempengaruhi peringkat tahun 2014 adalah pasar mata uang yang paling tidak stabil dalam beberapa tahun terakhir. Untuk menjaga konsistensi, semua konversi mata uang didasarkan pada nilai tukar pada akhir setiap tahun. Jika konversi telah dilakukan berdasarkan tarif sebelumnya pada tahun 2014, beberapa perusahaan akan diperingkat satu posisi lebih tinggi, termasuk Relx, Hachette Livre, dan Simon & Schuster.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru