5 Tips Membaca Satu Buku per Hari Setiap Hari

Posted by Cinta Buku on

Orang-orang paling sukses di dunia menghabiskan waktu untuk membaca, belajar, dan belajar jauh melampaui tahun sekolah dasar mereka. Pada gilirannya, mereka menjadi pemikir, inovator, dan pemimpin yang lebih baik.

Dengan pengetahuan yang tak terbatas dari buku-buku yang kita miliki, ada terlalu banyak karya besar di luar sana untuk dibaca hanya dalam beberapa tahun, atau bahkan satu bulan. Mungkin kita bisa menantang diri kita sendiri untuk membaca satu buku per hari.

Berikut adalah lima tips untuk memulai dan menyelesaikan satu buku per hari, setiap hari:

1. Mendengarkan White Noise Saat Membaca
Pengusaha Emerson Spartz mengatakan bahwa ketika ia mulai beralih ke home-schooling pada usia 12 saat dia menggarap website penggemar Harry Potter miliknya, Mugglenet, orang tuanya memberinya satu syarat untuk membaca empat biografi singkat per hari. Beberapa tahun kemudian ia menargetkan dirinya membaca satu buku non-fiksi per hari.

Bagaimana dia melakukannya? Dia mendengarkan white noise pada headphone-nya. Spartz mengatakan hal itu dapat membantu orang membaca 30% sampai 200% lebih cepat karena menghilangkan gangguan.

2. Cobalah Audiobook
Jika kamu seorang komuter, audiobook dapat menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan perjalananmu. Mendengarkan buku melalui iBooks, Audible, dll. adalah penawar indah untuk tidak hanya menghabiskan waktu dengan diam dan membaca.

Sebuah penelitian menguji waktu yang dibutuhkan untuk membaca buku dibandingkan mendengarkan buku. Pengguna menemukan bahwa meskipun kata rata-rata per menit membaca lebih rendah oleh narator audiobook dari dirinya sendiri (dewasa rata-rata membaca 300 kata per menit), manfaat audiobook yang lebih tinggi. Salah satu pengguna mengatakan media audiobook memungkinkan dia untuk “membaca” sambil melakukan pekerjaan lain dan, dengan demikian, menyelesaikan buku lebih dari yang dia lakukan dengan cara tradisional.

Ada segudang waktu di mana audiobook bisa didengarkan: saat membersihkan rumah, memasak makan malam, mengemudi, atau bahkan berolahraga.

3. Bergantian Beberapa Genre
Salah satu cara termudah untuk menjaga aliran membaca yang stabil adalah bergantian antara buku fiksi dan non-fiksi. Membaca fiksi sering hilang pada orang yang berfokus pada karier, tetapi dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk berpikir tentang skenario bisnis yang berbeda. Plus, studi menunjukkan membaca fiksi meningkatkan perilaku prososial.

Suatu hari, Anda bisa mengambil novel terbaru Harper Lee “Go Set a Watchman,” dan berikutnya membaca buku bisnis klasik “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang.”

4. Selalu Bawa Bukumu
Di tahun 2015 kamu sangat mudah beralih ke smartphone untuk melewatkan waktu, tetapi kamu mungkin akan mendapatkan lebih banyak nilai jangka panjang dari membaca buku daripada Facebookmu.

Apa kamu lebih suka buku di e-reader atau kamu suka buku dalam bentuk fisik, membawa buku bacaan sepanjang rutinitas harianmu bisa menjadi pengingat yang kamu butuhkan untuk memecahkan rutinitas secara terbuka. Ketika kamu membawa buku di dalam tas, kamu mudah untuk membacanya di dalam kereta, atau bahkan di waktu istirahat jam siang.

5. Siapkan Buku Berikutnya
Sekali seminggu, berkunjunglah ke toko buku (online atau offline) dan pilih buku baru untuk sepekan. Ini adalah cara termudah untuk tetap di jalur dengan jadwal membaca karena kamu tidak akan terjebak bertanya-tanya apa yang akan kamu baca selanjutnya.

Website seperti Goodreads dan What Should I Read Next?  membuatnya sederhana untuk mengkurasi daftar untuk berkonsultasi ketika kamu siap untuk judul baru. Sebelumnya juga memungkinkan kamu untuk melihat apakah penulis favoritmu dan orang lain di jaringanmu juga membacanya.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru