Layanan yang Membuat Toko Buku Menjadi Unik

Posted by Cinta Buku on

Rekomendasi
Toko buku, baik yang menjual buku baru maupun buku bekas, bisa membantu pelanggan mereka dengan merekomendasikan buku melalui rak khusus dan dengan staf bagian rekomendasi. Toko buku bisa mengadakan undian dalam komunitas setiap bulan bagi “anggota komunitas” untuk memilih secara gratis buku-buku yang mengisi satu rak di lemari buku rekomendasi. Selain itu, toko buku meminta pakar ilmu tertentu untuk merekomendasikan buku-buku dari bidangnya. Misalnya, meminta seorang konduktor festival musik untuk merekomendasikan beberapa buku tentang musik klasik. Meminta penata taman terkemuka untuk merekomendasikan buku-buku berkebun. Toko buku juga harus mencatat buku paling populer di setiap genre dengan rak khusus.

Untuk mendorong pembelian ulang otomatis, beberapa toko buku menyediakan klub buku bulan ini. Beberapa orang cukup umum dengan toko-toko yang menawarkan untuk mengemas pengiriman dengan preferensi pelanggan atau sesuai usia anak. Klub lain yang spesifik, berupa topik dari toko buku (seperti misteri pembunuhan dari sebuah toko buku misteri), atau buku ditandatangani pada kunjungan penulis, atau buku edisi pertama dari seorang penulis debutan.

Grup Buku
Anggota grup buku adalah pembaca berulang dan banyak toko mensponsori berbagai grup buku, tetapi yang lain bekerja untuk mendukung grup-grup di luar. Toko buku bisa menyelenggarakan malam tahunan bagi grup-grup buku untuk mendengarkan rekomendasi dari beberapa anggota staf. Toko buku juga bisa menawarkan malam yang sama secara kuartalan dan memberikan kesempatan para staf atau orang-orang dalam industri buku untuk berbicara.

Toko buku bisa memanfaatkan sumber daya mereka untuk mensponsori grup buku khusus. Misalnya toko buku membentuk sebuah grup buku musik klasik yang menarik musisi dan pecinta musik klasik. Bisa juga mendirikan grup buku yang berfokus pada isu-isu lingkungan. Toko buku bisa juga mengadakan serangkaian pelatihan kesehatan yang meminta anggota komunitas medis untuk memimpin dan berpartisipasi di dalamnya.

Pemberian Amal
Toko buku seharusnya mempunya program pemberian amal yang bisa diberikan kepada lembaga lokal dengan metode yang berbeda-beda. Misalnya memberikan amal (ini bergantian sepanjang waktu), dengan memilih sebuah rak buku buku di mana pelanggan yang membelinya berarti ikut menyumbang amal tersebut. Toko buku juga bisa mendorong partisipasi dalam program keanggotaan dengan memberikan 1% dari pembelian anggota untuk badan amal yang dipilih oleh anggota. Untuk memberikan sumbangan amal yang lebih besar dan berkelanjutan, toko buku juga bisa memberikan 1% dari penjualan bulanannya untuk amal rutin.

Guru dan Sekolah
Toko buku bisa menyelenggarakan kegiatan sekolah, misal dengan mengundang guru dan orang tua murid ke sebuah malam tahunan sekolah. Bisa juga dengan memberitahu sekolah ketika penulis anak-anak sedang membaca dan menawarkan diskon khusus untuk buku ditandatangani kepada orang tua murid. Malam tahunan ini juga bertujuan untuk memanjakan para guru dan berbagi rekomendasi buku.

Semoga beberapa program ini memicu ide untuk kegiatan khusus di toko buku anda. Layanan ini adalah cara untuk mendorong bisnis yang unik dan membangun komunitas toko buku anda.

Apakah anda punya program yang unik di toko buku anda? Silakan berbagi bersama kami.

Oleh: Kim Allen-Niesen (Bookstore People)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru