Cara Membuat Grup Buku Online

Posted by Cinta Buku on

Meskipun ada banyak klub buku online di Internet, kamu dapat membuat klub buku online kamu sendiri. Hal terbaik dengan membuat grup kamu sendiri adalah bahwa kamu dapat merancangnya untuk mencerminkan minat baca tertentu dan gaya kamu sendiri. Hal itu adalah pengalaman yang sangat memuaskan, tetapi kamu harus siap untuk mendedikasikan banyak waktu untuk grup itu. Kamu tidak hanya akan menjadi peserta, kamu akan mengatur panggung untuk orang lain untuk bergabung dengan komunitas membacamu dan berkontribusi dalam diskusi buku. Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan bagaimana kamu bisa memulai klub buku onlinemu sendiri.

Jangan mencoba untuk mengubah roda.
Sebelum kamu berpikir tentang buku pertama yang ingin kamu tawarkan untuk diskusi, luangkan waktu untuk membaca dengan teliti klub buku online yang ada dan periksa apa jenis perangkat lunak yang mereka gunakan. Kamu tidak perlu menjadi seorang ahli software untuk membuat website.

Pikirkan bagaimana diskusi berlangsung.
Kamu mungkin ingin menggunakan sistem papan pesan, sistem email atau blog. Ada keuntungan dan kerugian untuk setiap pilihan, dan pilihanmu harus mencerminkan jumlah waktu yang harus kamu curahkan untuk interaksi. Sekali lagi, lihat berbagai website klub buku online dan pikirkan jenis forum diskusi menarik bagimu.

Buat website kamu mengundang.
Suka atau tidak, kesan pertama masih dihitung. Orang melihat grafik sebelum mereka mulai membaca konten. Percobaan dengan warna dan font yang berbeda. Meminta keluarga dan teman dekatmu untuk melihat website kamu, dan meminta mereka untuk menjelajahi website sebelum websit itu dionlinekan. Dengarkan umpan balik dan buatlah website grup buku online kamu menjadi tempat berhenti yang menarik bagi pecinta buku.

Mulai dengan apa yang kamu ketahui.
Buat pilihan buku pertama kamu, buku yang kamu sukai. Bersiaplah untuk menjaga diskusi berlangsung. Jika kamu tidak bisa memikirkan daftar pertanyaan, periksalah beberapa panduan kelompok membaca di Internet. Berikut adalah beberapa pertanyaan diskusi standar yang mungkin ingin kamu gunakan:
- Apa pendapat anda tentang judul buku? Seberapa jauh ke dalam buku itu yang anda dapatkan sebelum anda memahami relevansi judul? Apakah judul mencerminkan tema utama buku?
- Apa karakteri utama dari tokoh protagonis? Bagaimana kepribadian dan pengalaman hidup dari tokoh protagonis membentuk arah novel?
- Apakah tindakan dalam novel itu paralel dengan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah?
- Apakah membaca buku itu membangkitkan emosi yang kuat dalam diri anda? Apakah anda menangis? Apakah anda tertawa? Mengapa? Adakah satu peristiwa dalam novel yang beresonansi dengan anda secara mendalam?
Tawarkan lebih dari diskusi buku kepada pembacamu.
Lakukan beberapa penelitian tentang penulis atau setting dalam buku. Tambahkan link ke ulasan buku, positif dan negatif, dan minta anggota untuk mengomentari ulasan tersebut.

Jaga kesegaran grup.
Dibutuhkan waktu untuk membangun keanggotaan, dan anggotamu akan tumbuh jika kamu menjaga konten yang segar dan menarik. Jaga keaktifan semua diskusi. Idealnya, kamu harus memeriksa websitemu beberapa kali setiap hari. Selalu berikan informasi baru sehingga isi websitemu tidak menjadi stagnan.

Promosikan grup buku online barumu.
Mintalah keluarga dan teman-temanmu untuk mampir dan bergabung dalam diskusi. Undang semua teman Facebookmu dan semua kontak emailmu. Cetak kartu namamu sendiri dengan nama websitemu; mintalah toko buku lokal, cafe dan perpustakaan jika anda dapat meninggalkan kartumu di sana.

Membuat orang merasa diterima.
Kamu dapat melakukan hal ini dengan menindaklanjuti setiap komentar sehingga pengunjung tidak merasa seperti sedang diabaikan. Terserah kamu untuk menjaga percakapan mengalir.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru