7 Buku Terbaik Karen Armstrong

Posted by Cinta Buku on

A History of God: The 4,000-Year Quest of Judaism, Christianity and Islam
Dalam buku ini, Armstrong memandu pembaca bukunya menapak tilas perjalanan pencarian paling menarik sepanjang masa: mencari Tuhan. Tapi, A History of God bukanlah sebuah catatan sejarah yang linear. Pembaca akan menemukan bahwa definisi Tuhan secara konstan selalu berulang, berubah, dibuang, dan dibangkitkan kembali. Armstrong juga menunjukkan bahwa Yahudi, Kristen dan Islam saling mempengaruhi satu sama lain.

Muhammad: A Biography of the Prophet
Dalam telaah yang tekun tentang Muhammad ini, Armstrong mula-mula melacak sejarah panjang kekerasan Barat terhadap Islam. Misalnya, stigma Islam sebagai "agama pedang." Biografi yang sangat simpatik dan mengasyikkan ini memotretkan Nabi Muhammad sebagai manusia yang hangat. Armstrong menggugurkan pencitraan Barat bahwa Muhammad adalah penipu yang menggunakan agama demi kekuasaan politik.

Islam: A Short History
Dengan buku ini, Armstrong berhasil menampilkan sejarah Islam dari sudut pandang yang obyektif dan lepas dari bias. Buku ini merupakan perasan dari bertahun-tahun pergulatan dan penulisan mengenai Islam. Berisi sejarah konflik Islam versus Barat sejak 1750 hingga kini. Juga pertumbuhan negara Islam modern dan fundamentalisme. Tema mengenai minoritas muslim juga tak ketinggalan dituliskan.

Jerusalem: One City, Three Faiths
Karen Armstrong menulis buku ini "untuk mencaritahu apa sebenarnya yang disebut kota suci itu" dan mengapa ia suci bagi pemeluk tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam. Dengan kejelasan yang patut dipujikan, Armstrong menuliskan perjalanan 4,000 tahun lebih Yerusalem: sejak kejayaan Daud, pendudukan Romawi, periode muslim awal, Perang Salib, era Ottoman, hingga konflik Israel-Palestina masa kini.

The Battle for God
Buku ini merupakan sebuah studi mengenai fundamentalisme dari masa ke masa yang sangat kaya akan detail. Bagian pertama menguak akar dari fundamentalisme; bagian kedua mengeksplorasi proses yang dijalani oleh ajaran Yahudi, Kristen, dan Islam serta pemeluknya, hingga masing-masing berubah dari agama dan keyakinan yang begitu kreatif menjadi fanatisme yang destruktif.

Holy War: The Crusades and Their Impact on Today's World
Buku penting ini melihat Perang Salib di abad pertengahan sebagai akar dari konflik Timur Tengah di masa modern, yang tak kunjung usai. Buku ini punya ambisi besar untuk memotretkan "visi tiga sisi'' dari konsep perang suci bagi kaum Yahudi, penganut Kristen dan pemeluk agama Islam. Armstrong melacak asal religius dari konflik tiga agama ini dari perbedaan cara mereka menginterpretasikan kitab suci masing-masing.

Through the Narrow Gate
Ini merupakan otobiografi Armstrong. Dalam buku ini, Karen Armstrong mengisahkan detail pencarian spiritualnya. Di tangan Armstrong, sejarah hidupnya menjadi semacam catatan-catatan yang fasih dan puitis menceritakan kegelisahan hidup seorang gadis kecil yang selalu bertanya. Kisah yang memukau ini menceritakan detail kehidupan Armstrong sejak berusia 17 hingga saat-saat ia menjalani hidup tujuh tahun di biara.

Majalah Gatra, 4 / X 13 Des 2003

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru