Tiga Kesalahan yang Dibuat Penulis Indie dan Cara Menghindarinya

Posted by Cinta Buku on

Berbicara dengan setiap penulis yang menerbitkan sendiri bukunya, dia akan memiliki beberapa kisah perjuangan untuk dibagi. Penulis baru bisa dan harus belajar dari kesalahan rekan-rekan mereka yang lebih berpengalaman, tapi proses penerbitan buku penuh dengan jebakan dan calon penulis indie sering tidak tahu seberapa besar mereka tidak tahu -sehingga kesalahan yang sama dibuat lagi dan lagi.

Tiga kesalahan berikut terjadi karena banyak penulis gagal untuk memahami sejauh mana kesuksesan penerbitan bergantung pada upaya sikap, dan keputusan mereka. Tapi pergeseran sederhana dalam bagaimana penulis berpikir tentang buku mereka -bersama dengan kemauan untuk berinvestasi dalam publisitas dan mulai awal- adalah pengubah permainan yang akan memberikan kesempatan terbaik untuk sukses.

Kesalahan #1: Memperlakukan Buku Seperti Bayi
Bukti bahwa penulis berhubungan dengan buku-buku mereka sebagai bayi mereka di mana-mana. Penulis berbicara tentang menjadi hamil dengan ide, mengerami karya mereka, melahirkan buku, bekerja melalui proses penulisan mereka. Tapi memperlakukan buku seperti bayi dan berharap orang lain akan menyukainya memiliki konsekuensi. Penulis yang melakukan ini menetapkan diri mereka untuk kekecewaan besar karena mereka tidak memiliki jarak emosional yang cukup dari buku-buku mereka.

Ketika buku keluar, penulis perlu menyusun strategi daripada pengasuhan. Sebuah buku dan pesannya bisa menjadi hal yang berbeda untuk audiens yang berbeda, dan kunci keberhasilan terletak pada eksposur dan mendapatkan kata keluar. Lebih mudah bagi penulis untuk melakukan hal ini ketika mereka berpikir tentang produk buku, tidak bayi.

Kesalahan #2: Menunggu Sukses Daripada Membuat Sukses
Banyak penulis memiliki impian menulis buku, membuat dunia jatuh cinta dengan buku itu, dan kemudian duduk kembali dan menonton keutungan kerja mereka datang beramai-ramai. Ini adalah fantasi, tapi sesuatu yang umum. Saya bertemu calon penulis sepanjang waktu yang tidak hanya ingin melakukan kerja keras pemasaran dan publisitas, meskipun itu adalah prasyarat untuk sukses.

Penulis yang menerbitkan buku-buku mereka tanpa rencana publisitas dan kemudian mencoba terburu-buru untuk melakukan sesuatu tentang hal itu, pasca-publikasi memiliki penyebab hilang di tangan mereka. Jangan menunda: Penulis harus menyewa sebuah tim -atau setidaknya humas- empat sampai enam bulan sebelum tanggal publikasi mereka. Mereka tidak akan menyesal melakukannya.

Kesalahan #3: Tidak Membuat Strategi Penerbitan
Bagi begitu banyak penulis, menulis adalah hadiah. Penerbitan bisa menjadi daftar jenis usaha, sesuatu untuk dilakukan yang tidak terikat dengan tujuan jangka panjang yang tinggi. Saya telah bekerja dengan banyak penulis yang memberitahu saya itu bukan tentang membuat uang untuk mereka, mereka hanya ingin melihat buku mereka dicetak. Namun saat ditekan sedikit tentang apakah mereka ingin buku mereka menjadi sukses, jawabannya adalah, tentu saja, selalu ya. Namun, buku tidak bisa sukses tanpa strategi penerbitan.

Banyak penulis takut untuk menempatkan rencana ke tempatnya. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan atau siapa yang disewa, dan investasi bisa terasa menakutkan. Kebanyakan penulis yang saya kenal yang tidak menempatkan rencana ke tempat menyesalinya kemudian, dan menemukan diri mereka suatu kali berebut buku-buku mereka dicetak dan tersedia di toko-toko buku. Pada saat itu, sudah terlambat untuk datang dengan rencana yang efektif.

Penulis harus mengidentifikasi setiap ketakutan atau resistensi yang mereka miliki tentang membiarkan buku-buku mereka menjadi benar-benar sukses. Dan, penulis harus mulai menyimpan uang untuk publisitas sementara masih menulis. Mereka harus meminta arahan untuk humas, editor, dan desainer dan mulai mewawancarai awal. Jika penulis akan mengemukakan upaya untuk menerbitkan buku, mereka harus memberikan diri mereka kesempatan untuk bersinar.

Oleh: Brooke Warner

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Like untuk dapatkan update artikel terbaru